• cerita lucu penawar stress dan tips unik

MASALAH KESEHATAN ANAK

 

kesehtan,kesehatan mata,mata sehat,menjaga mata sehat,melindungi mata,berkendara dan mata

Pada setiap tahap pertumbuhan mata anak ada berbagai masalaha mata yang mungkin bisa terjadi pada mata anak.kelainan pada mata anak yang terjadi dibawah satu tahun pertama bisa merupakan kelainan yang bersifat bawaan.
  • Retinopathy of prematurity (ROP) yaitu kondisi di mana retina belum sempurna perkembangannya dan hanya sebagian yang terliputi pembuluh darah sehingga mudah rusak dan terlepas, menyebabkan kebutaan. Kondisi ini lebih umum pada bayi yang lahir prematur.
  • Infeksi konjungtivitis gonore pada bayi yang lahir melalui vagina ibu yang terkena gonore.
  • Katarak infantil yaitu kekeruhan di mata bayi yang baru lahir.
  • Glaukoma kongenital yaitu kondisi bawaan di mana saluran drainase mata tidak terbentuk dengan benar sebelum lahir.
  • Ambliopia (mata malas) adalah penyakit mata pada anak yang cacat kurangnya ketajaman visual yang tidak dapat sepenuhnya dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. Dua penyebab umum ambliopia adalah persilangan mata dan perbedaan bias refraksi di antara kedua mata. Jika tidak diobati, ambliopia dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen pada mata yang terkena. Ambliopia harus dikoreksi pada usia pra-sekolah.
  • Strabismus (mata juling) adalah cacat visual di mana dua titik mata mengarah ke fokus yang berbeda. Salah satu mata bisa mengarah ke kanan, ke kiri, ke atas, atau ke bawah, sedangkan mata lainnya tertuju ke arah yang lain. Strabismus menyebabkan hilangnya persepsi kedalaman stereoskopik. Dengan deteksi dini, strabismus dapat dikoreksi dengan menutup mata yang berfokus benar sehingga memaksa mata yang tidak sinkron untuk bekerja. Operasi atau kacamata khusus juga dapat membantu penyelarasan mata.
  • Kelainan refraksi sehingga lensa mata tidak membiaskan atau memantulkan cahaya dengan benar, sehingga gambar tampak kabur. Rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisma/silindris adalah kesalahan refraksi yang paling umum.
  • Retinoblastoma adalah tumor ganas yang biasanya muncul dalam 3 tahun pertama kehidupan. Mata yang terkena mungkin kehilangan visual dan putih di pupilnya.
  • Ketidakmampuan melihat objek dari jauh
  • Ketidakmampuan membaca papan tulis
  • Sering menyipitkan mata
  • Kesulitan membaca
  • Duduk terlalu dekat dengan TV
Gangguan perkembangan pertumbuhan anak juga akan mempengaruhi tingkat kesehatan mata anak.berikut beberepa masalah yang mungkin dapat menimpa masalah kesehatan mata anak.Tanda-tanda kelainan mata Masalah penglihatan pada bayi bisa dideteksi dengan mengetahui beberapa kejadian yang di alami lamgsung oleh anak,seperti jarang menggerakan mata,kurang respon terhadap wajah ibu,

Tidak menutup mata saat berada di bawah sinar matahari cerah,sering menyipitkan/mengedipkan mata atau mengerutkn alis dan mata juling adalah awal tanda dari kelainan mata anak.-bayi tidak mengarahkan pandangan kea rah cahaya paa saat minggu pertama dilahirkan-Tidak menatap wajah ibunya pada bulan pertama atau bukan kedua-Bayi tidak tersenyum terhadap wajah yang akrab dan tidak pernah melihat kedua tangannya-Bulan ke enam tidak menangkap/tertarik terhadap suatu obyek di sekitarnya-Bulan ke 9 bayi tidak respon terhadap benda yang tiba-tiba hilang dihadapannyaBerikut tanda-tanda yang hadir pada anak usia sekolahBagaimana menguji penglihatan anak Anda?

 Menguji pandangan seorang anak dapat dilakukan dengan meletakan suatu objek yang bisa menarik perhatin anak didepannya seperti mainan,boneka,atau benda lainnya.kemudian lihat reaksi anak terhadap obyek tersebut.Reaksinya akan menunjukan keberadaan dan kualitas penglihatan pada mata yang di uji.Lakukan percobaan yang sama dengan mengganti/menutup salah satu mata bayi secara bergantian.hal ini merupakan cara terbaik untuk menguji penglihatan mata anak.Perlu dilakukan konsultasi dengan dokter profesioanl jika ditemukan kelainan pada saat proses pengujian ini.pencegahan seja dini merupakan cara terbaik untuk bisa mengatasi dan mengobati setiap kelainan yang dialami oleh bayi.


ARTIKEL TERKAIT

MASALAH KESEHATAN ANAK 4.5 5 littleBrother kesehtan,kesehatan mata,mata sehat,menjaga mata sehat,melindungi mata,berkendara dan mata Pada setiap tahap pertumbuhan mata anak ada berbag...


Powered by Blogger.
Lucu Online