• cerita lucu penawar stress dan tips unik

Cara Menjaga Kesehatan Mata saat bekerja

 


mata sehat,sakit mata,penyakit mata,katarak,
1. Diet yang Seimbang
Bagi kebanyakan wanita memiliki bentuk tubuh yang idela merupakan tubuh idaman yang dengan berbagai cara ditempuh dengan bersusah payah.Salah satunya adalah dengan diet,ternyata perlu diperhatikan masalah kesehatan mata dengan program diet.Konsumsilah makanan yang baik untuk mata dengan menjaga pola keseimbangan gizi untuk tubuh.Pilih makanan yang mengandung vitamin A,C dan E yang berguna untuk menignkatkan kesehatan mata.Perlu juga diimbangin dengan mengkonsumsi ikan salmon.


2. Hindari Kebiasaan Hidup Buruk
Rokok dan alcohol merupakan dua hal yang dapat menganggu kesehatan mata dalam kehidupan kita sehari-hari.
Bahaya rokok dapat menyebabakan mata katarak .degenerasi macula dan kerusakan saraf mata.Alkohol akan menyebabkan pupil mata menjadi tidak stabil seperti pandangan memudar,sulit memfokuskan pandangan yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan rabun jauh.

3. Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata
Seringkali manusia modern tidak menyadari bahwa stres karena sebuah pekerjaan dapat berdampak ke mata yang tidak sehat. Maka dari itu, perisakanlah mata anda secara rutin agar terhindar dari penyakit yang mungkin menyerang mata.

4. Senam Mata
Cara melakukannya adalah saat anda sedang santai atau anda merasa letih pandangan di depan computer.Buka mata lebar-lebar dan putar searah jarum jam selama beberapa menit,putar lagi dengan arah berlawan selama bebebrapa menit.Kegiatan ini akan mengurangi rasa stress di mata karena terlalu tegang saat bekerja atau melakukan aktifitas.

5. Mengetahui Sejarah Mata dalam Keluarga
Hal ini penting,dengan mengetahui penyakit mata yang mungkin penyakit keturunan anda bisa menoba melakukan pencegahan sejak dini dengan konsultasi dokter mata.Jangan tunggu sampai anda atau anak anda mengalami gangguan penglihatan dan kemudian melakukan diagnose karena hal ini bisa saja sudah sangat terlambat untuk dilakukan.

6. Pakai Pelindung Mata
Kacamata bisa dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari atau debu saat berolahraga atau aktivitas lainnya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga tertentu untuk menghindari terjadinya cedera mata. Jadi, hindarilah penggunaan sunglasses hanya karena ingin bergaya.

7. Istirahat yang Cukup
Sama seperti tubuh, mata juga butuh istirahat yang cukup. Menahan diri untuk tidak menonton televisi terlalu lama, atau berjam-jam di depan komputer padahal tidak sedang bekerja. Dengan begitu, mata Anda tidak kelelahan serta mendapatkan istirahat yang cukup. (Baca Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Tidur Malam)

8. Jangan menggosok
Kadang mata terasa perih atau ada benda kecil di mata seperti debu,jangan menggosok mata secara langsung.Gunkanlah obat tetes mata untuk membersihkan mata dan jika perlu hal ini juga bisa di konsultasikan ke dokter untuk menjaga mata dari iritasi yang bisa saja terjadi akbibat goresan-goresan kecil yang dihasilkan benda asing.

10. Terapkan kebiasaan menonton TV dan membaca yang benar,

Seperti: Jarak yang ideal 2.5 – 3 meter di depan TV, Bila ruang menonton gelap agar lampu dinyalakan, usahakan ruang dalam keadaan terang, Setelah menonton TV selama 30 – 60 menit, istirahatkan mata dengan memejamkan sejenak atau melihat jauh. Juga terapkan kebiasaan membaca yang benar, seperti: Membaca sebaiknya pada posisi duduk yang relaks, Sumber cahaya sebaiknya dari arah belakang atau samping, tidak dari arah depan, Atur jarak mata dengan bacaan kurang lebih 30-40 cm, Jangan membaca terus menerus, sesekali istirahatkan mata dengan memejamkannya sejenak atau melihat jauh.


ARTIKEL TERKAIT


Cara Menjaga Kesehatan Mata saat bekerja 4.5 5 littleBrother 1. Diet yang Seimbang Bagi kebanyakan wanita memiliki bentuk tubuh yang idela merupakan tubuh idaman yang dengan berbagai cara ditempuh deng...


Powered by Blogger.
Lucu Online